Hobi main tamiya

Hae sahabat blogspot, kali ini saya mau share tentang mainan masa kecil saya, ini gara-gara kemaren ngopy filem kartun Let’s n GO di warnet. Dulu filem kartun ini diputer kisaran tahun 2000an, waktu itu saya masih SD, dan saat masa filem kartun itu diputer, se-jogja langsung Booming tamiya, dari seumuran saya (waktu kecil) hingga orang tua pun ikut serta memainkan tamiya ini. Banyak dan sering sekali balapan tamiya ini diselenggarakan di tiap daerah. Saya pun ikut event balapan tamiya di kampung, walau ga juara, tapi cukup seneng buat seru-seruan :D
tamiya ini punya banyak tipe dan jenis, (cari sendiri di google yaa :v ) ,Tamiya yang saya beli kali ini adalah Victory Magnum, warna body-nya nyari yang persis di film kartunnya, yaitu putih. Soalnya ada juga seri yang Limited Edition yang warna body-nya bermacam-macam, ada ungu, biru, merah, dsb. Walau limited edition, saya kurang suka dengan warna-warni itu.
Berikut SS Box-nya :
Nah, setelah dijepret :v, waktunya untuk perakitan. waktu liat-liat parts-nya, jadi keinget dulu waktu kecil, pernah megang parts tamiya ini, sekiranya sama persis waktu pertama kali dibelikan dulu. Di rangka-nya juga tertulis tahun pembuatannya, 1993-1995,, hampir seumuran saya (1994) *terharu
Oke, sebelum perakitan saya sempet eman-eman, berpikiran gausah dirakit gitu, dikoleksi dalam box, Terus disimpen sampai entah kapan.
Tapi, setelah kebanyakan mikir, keputusannya adalah saya rakit. Kenapa ? pertama, sayang kalo Cuma dibiarkan, rasanya belum bisa jadi sejarah kalo belum saya utak-atik sendiri, kedua ini adalah mobil tamiya, sejatinya untuk dijalankan di atas track, kasihan kalo Cuma didiemin aja. Ketiga, ingin menghidupkan kembali kenangan masa kecil saya. Keempat, mini 4WD bukan hanya sekedar hiasan, tapi untuk melaju di lintasan [Go Seiba quote].
Berikut SS waktu merakit :
Tidak sulit sih merakit tamiya ini, karena dulu pernah merakit sendiri. Tinggal pasang parts sesuai fungsinya, ada juga buku panduannya.
Dan jadilah tamiya Victory Magnum :D
Akhirnya tamiya ini terlahir kembali, setelah sekian lama tidak bermain tamiya, sekarang bisa bermain mini 4WD ini lagi. Tapi tunggu dulu, ini belom bisa jalan, Lah ? kenapa ? ,,nah, jadi gini, tamiya merk TAMIYA (ori) itu Dinamo/Motornya dijual terpisah, bukannya salah produksi, tapi memang seperti itu. 
Perakitan telah usai, tinggal motor dan battere kompatibel saja aslinya sudah bisa jalan, Cuma, saya pengennya memaksimalkan kemampuan tamiya standar box ini, tanpa dimodif segala macam gitu, bisa lari kencang dan stabil. Ada sih dinamo paling kuat versi ori-nya tamiya, tapi kalo dipasangkan di vitory magnum saya ini bisa keluar lintasan dan crash, soalnya dinamo itu untuk tamiya yang pretelan dan sudah dimodifikasi. Istilahnya ntar jadi tipe speed, sloop, drag, gitu.
Jadi, saya konsepnya kolektor sekaligus pemain juga. Yaitu koleksi mini 4WD di serial kartun Let’s n Go dan mau ngrakit tamiya balap juga.
Banyak tanggapan temen-temen saya yang heran, gumun, dan ada juga yang biasa saja. Yaa begitulah teman-teman, mungkin suatu saat kalian akan mengerti apa arti mainan tamiya ini bagi saya.
Entah kapan tamiya ini akan kembali booming lagi, namun di beberapa kesempatan, masih ada event yang diselenggarakan, yaa walau tidak terang-terangan, tapi setidaknya masih ada.
Di tahun saya menulis artikel ini, tamiya yang ori dan penjual-nya yang masih menyediakan parts-parts nya Cuma ada di beberapa tempat. (mungkin sa kurang luas menjelajah jogja, jadinya belum terlalu paham tentang penjual tamiya yang masih eksis di mainan ini, soalnya toko yang dulu saya pernah beli tamiya itu sudah tutup dan ganti produk).

sumber : http://awangdirgantara.blogspot.com

0 komentar

Posting Komentar